• Beranda
  • Berita
  • Tingkatkan Kualitas Pemungutan Retribusi, Bapenda Luncurkan Aplikasi Retribusi Online Sistem (R.O.S)

Tingkatkan Kualitas Pemungutan Retribusi, Bapenda Luncurkan Aplikasi Retribusi Online Sistem (R.O.S)

14 Agustus 2023

Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta terus berinovai, kali ini bapenda jakarta berhasil melakukan Grand Launching Aplikasi Retribusi Online Sistem (R.O.S) yang berlangsung di Hotel Shangri-la Jakarta Pusat pada Jum'at, 11 Agustus 2023. Peluncuran resmi ini merupakan tahap menuju transformasi Pemungutan Retribusi untuk Mewujudkan Kemudahan dan Efisiensi.

R.O.S. merupakan pengembangan dari sistem pemungutan retribusi (e-Retribusi) yang fungsi utamanya adalah sebagai sistem pemungutan retribusi. R.O.S menghadirkan kemudahan dalam pemungutan retribusi melalui platform online berupa website yang dapat diakses melalui alamat URL https://retribusi.jakarta.go.id/, 

R.O.S yang nantinya akan diproyeksikan mengambil peran utama dalam pemungutan retribusi di Provinsi DKI Jakarta. aplikasi ini dapat diakses dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja, memberikan fleksibilitas kepada para pemungut retribusi.

Transformasi e-Retribusi yang kini menjadi R.O.S menawarkan serangkaian fitur unggulan, diantaranya :

  1. Fitur Pemungutan: Fitur ini disediakan untuk Operator Pemungut Retribusi, fitur ini memungkinkan pengisian data Wajib Retribusi, penghitungan retribusi berdasarkan permohonan dari Wajib Retribusi, hingga penerbitan Nota Perhitungan dan cetakan SSRD serta SKRD. Fitur ini juga mencakup pengusulan penghapusan piutang dari SKPD Pemungut dan proses pengusulan perforasi tiket retribusi.
  2. Fitur Proyeksi & Target: Fitur ini memfasilitasi proses pengusulan target retribusi dari SKPD Pemungut Retribusi dan pembuatan BA penetapan target antara Bapenda dengan SKPD tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan dokumentasi yang rapi dan terkontrol.
  3. Fitur Monitoring: Mengumpulkan data penerimaan, merinci penerimaan, serta merencanakan dan merealisasikan target retribusi.
  4. Fitur Laporan: Memungkinkan pembuatan laporan bulanan digital dan terstruktur, yang menghasilkan perhitungan yang cepat dan akurat.

Peluncuran R.O.S bukan sekadar perubahan teknologi, tetapi juga langkah besar bagi revolusi administratif dalam upaya mencapai efisiensi dan ketepatan layanan. Aplikasi ini menjadi solusi yang tak hanya memudahkan dan meningkatkan efesiensi saja, tetapi juga meningkatkan Kualitas Pemungutan Retribusi Pemprov DKI Jakarta untuk pengelolaan retibusi di masa depan yang lebih baik.