• Beranda
  • Berita
  • Pelatihan Kepemimpinan dan Core Values BerAkhlak Bapenda DKI Jakarta 2023

Pelatihan Kepemimpinan dan Core Values BerAkhlak Bapenda DKI Jakarta 2023

01 Maret 2023

Jakarta - Bapenda DKI mengadakan Pelatihan Kepemimpinan dan Core Values BerAkhlak selama dua hari pada 27-28 Februari 2023 yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta Pusat dan dibuka langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta Ibu Lusiana Herawati.

Kepala Bapenda DKI Jakarta, Ibu Lusiana Herawati dalam sambutannya menyampaikan Pelatihan Kepemimpinan dan Core Values BerAkhlak ini sebagai dorongan bagi ASN di lingkungan Bapenda DKI Jakarta agar selalu mengimplementasikan core values BerAkhlak dan menjadi pedoman perilaku bagi ASN dalam beraktifitas sehari-hari.

BerAKHLAK merupakan panduan perilaku bagi ASN. Nilai dasar yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab, diantaranya adalah:

  • Berorientasi Pelayanan, Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan, serta melakukan perbaikan tiada henti.
  • Akuntabel, Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi. Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien, dan tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.
  • Kompeten, Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah. Membantu orang lain belajar, dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.
  • Harmonis, Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya. Suka menolong orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.
  • Kolaboratif, Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.
  • Adaptif, Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, dan bertindak proaktif.
  • Loyal, Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah, menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Hal ini selaras dengan branding Bapenda DKI yang dituangkan dalam Keputusan Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor. 1085 Tahun 2022  tanggal 24 Juni 2022  yang bertajuk “MUDAH, RAMAH, NYAMAN”. Mudah ditujukan sebagai pelayanan yang mudah diakses, persyaratan mudah dimengerti, dan kemudahan mendapat informasi. Ramah memiliki 3 (tiga) indicator yakni 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), Komunikatif dan Solutif. Sedangkan Nyaman diarahkan kepada sarana dan prasarana yang terstandarisasi dan terintegrasi. 

Diharapkan dengan adanya Pelatihan Kepemimpinan dan Core Values BerAkhlak dapat peningkatan motivasi,pengetahuan, sikap dan keterampilan ASN dalam mendukung reformasi birokrasi serta peningkatan kinerja secara berkelanjutan menuju pelayanan pajak yang berkualitas.